How Precious My Life ? #Part 1

Setiap manusia memiliki pertanyaan yang mengendap pada dasar palung hatinya yang paling dalam.
Fase dalam hidup yang telah dilalui , dan banyaknya siklus roda kehidupan diri yang bergulir mendewasakan pemikiran dan melapangkan perasaan dalam menghadapi serta berinteraksi terhadap realita dunia.
Beragam pertanyaan , perasaan dan pemikiran pun muncul mengiringi setiap langkah mengarungi lautan kehidupan. Pelajaran hidup dengan segala suguhan hikmahnya memicu beraneka ekspresi dalam hati dan pemikiran ini.
Langkah demi langkah penuh ketidak tahuan berevolusi menjadi sorotan mata ingin tahu yang penuh tanda tanya. Melihat tampilan-tampilan gemerlap cahaya kehidupan yang berwarna-warni. 

Tangan kosong yang menyentuh dinding dunia yang bergelombang. Menyapu dinding penuh rasa lekatan debu , basah , panas , kering , kasar dan campuran sejuta rasa yang tidak bisa dipisahkan satu demi satu. Menumpuk dan terekam dalam memori pelajaran tentang kehidupan.

# YANG PENTING AKU SENANG

Siapa aku, dan apakah aku terkadang tidak penting…

Yang penting jalani yang ada, dan yang terpenting semua berjalan sesuai harapan. 
Untuk apa aku dan akan melakukan apa bukanlah sebuah bahasan…

Yang perlu dibahas dan dipikirkan adalah yang aku lakukan memuaskan hati dan keinginan. Pokoknya tidak jadi masalah bagi diriku dan bagi orang lain. 

Bahkan terkadang sedikit masalah untuk orang lain pun tidak masalah , selama aku tidak bermasalah.

Sebuah kereta kerajaan berjalan., ya berjalan. Karena kereta yang membawa muatan berharga ini digerakan oleh roda berkaki dua pada tiap-tiap sisinya. Hitam legam punggung yang dilumuri keringat ini memanggul kayu berlapis corak emas yang menopang kereta kerajaan. Terus bergerak maju dengan goyangan ringan naik turun tanda lelahnya sang roda manusia. Berjam jam memopoh, ber ribu-ribu tanjakan dan melewati lautan tanah gersang membakar telapak kaki.
Menggunakan sisa-sisa tenaga , sisa-sisa nafas yang masih menggantung didada untuk mengantarkan sang paket berharga sampai tujuan.
Kemana ?
Entah , 

Sang raja hanya berbicara , tidak penting mau kemana , yang penting kalian jalan saja. Nanti kalau dia ingat baru dia bicara.
Memang ada agenda apa sang raja kali ini ?
Tidak penting apa yang akan aku lakukan , yang penting kalian jalan saja. Toh kalian aku bayar juga, tidak ada ruginya. Bukankah memang ini tugas kalian, mengantarkan aku kemana saja ( walaupun tanpa tujuan ).
Aku adalah raja kalian , lakukan saja apa yang aku perintahkan. Tugas kalian adalah membuat aku senang.

Dan perjalanan “panjang” itupun berlanjut , perjalanan menapaki jalan yang tak berujung. 
Kisah itu mengingatkan pada sebuah cerita yang tidak asing.

Dongeng tentang raga dan jiwa atau tentang tubuh dan hati ?
Sang raga terus bergerak, mengikuti hukum biologis untuk terus tanpa henti bekerja bermetabolisme , pasukan darah-darah terus mengalir memenuhi kebutuhan setiap divisi tubuh ( tangan, kaki , mata dan lainnya ) untuk bisa melakukan fungsi mereka. Sang mata terus melakukan scanning pada tampilan-tampilan yang dilihat, walau semakin hari semakin lelah menscanning tampilan cahaya layar Smartphone , Laptop dan apalah. Dan semua sisi terkecil kehidupan yang ada dalam diri terus bergerak, memahami tugasnya menjadi sebuah alat perwujudan sebuah keinginan.

Semua infrastruktur dan peralatan selalu disiapkan secara penuh oleh sang raga untuk memenuhi kebutuhan sang pikiran. Hingga ketika perintah turun mereka siap melaksanakan tugas.
Dan saat raga bertanya pada sang pikiran, akan melakukan apa kita kali ini ?
Entah., siapkan saja kebutuhanku, 

Mungkin kita akan bermain hari ini, Atau membaca sesuatu yang aku suka , atau bermain ponsel seharian. Entah.,

Pokoknya akan aku lakukan yang membuat aku merasa bahagia dan senang.
Tugas kalian untuk menyiapkan , akulah yang menentukan.
Dan aktifitas “panjang” itupun berlanjut , aktifitas yang tidak ada hentinya.
Tidak begitu penting apa dan kemana, bukankah tidak ku jadikan masalah kepada kalian,

Kalian lakukan saja tugas kalian.
Yang Penting Aku Senang

How Precious My Life ? # Part 1pendengarhujan

Leave a Reply

