Mencari Sebuah Cita-Cita

Dalam sebuah perjalanan hidup , apakah yang sebenarnya kita cari dan ingin kita jalani ?

 

Hampir setiap orang memiliki sebuah angan dan cita-cita serta pencapaian. Saya sebut hampir setiap orang karena saya yakin ada beberapa orang yang belum bisa menentukan harapan atau cita-citanya dalam hidup.

 

Dalam masa sekolah dasar saya cukup ingat ada matapelajaran yang cukup memutar kepala saya karena harus menjelaskan tentang cita-cita yang kita miliki.

kalimat yang saya ingat yang dilontarkan oleh  guru saya adalah “kalau ada orang yang ga punya cita-cita sama saja seperti monyet” hehe.., kalimat tersebutpun membuat otak saya berusaha semakin keras untuk menemukan apa yang ingin saya jadikan cita-cita.

Setelah berpikir keras bukan cita-cita yang saya dapatkan,  justru muncul pertanyaan” kenapa kita harus punya sebuah cita-cita ? perlukah sebuah cita-cita ? apakah hidup ini kemudian usai jika kita tidak memiliki cita2 ?” pertanyaan ini mungkin juga muncul pada orang-orang yang belum menemukan alasan kenapa kita harus memiliki cita-cita.

Ada beberapa orang yang memang sulit menentukan sesuatu, tanpa memahami makna dan artinya.

Kita tidak akan punya keinginan makan sebuah Apel jika bahkan kita tidak pernah tau itu adalah sebuah makanan , dan kita tidak akan berbicara bahwa itu enak ketika kita belum memakannya , dan kita tidak akan pernah merasa ketagihan jika tidak merasakan itu enak.

Maksudnya adalah, bagaimana saya bisa menentukan cita-cita ketika saya bahkan tidak tau apa makna sesungguhnya dari cita-cita.

Cita-cita adalah sebuah harapan yang ingin dicapai , hal ini bisa berbentuk target apapun termasuk sebuah profesi. Walaupun cita-cita lebih sering dihubungkan dengan sebuah profesi. Tentu kita akan ingat ketika masa SD , saat berbicara mengenai cita-cita jawaban yang banyak muncul adalah ingin menjadi dokter , pilot , presiden dll, karena kita yang terlintas adalah sebuah profesi. Maka perlu diingat kembali bahwa cita-cita ini tidaklah terbatas pada sebuah profesi saja.

Setiap orang pasti punya keinginan , dan cita-cita adalah salah satu dari keinginan besar yang dimiliki kemudian dipilih untuk menjadi sebuah target yang harus dicapai.

Seseorang akan memilih untuk menjadi designer karena ia suka menuangkan pikiran dan idenya dalam sebuah grafik yang indah dalam sebuah media yang dia suka.

Seseorang ingin lulus dengan nilai tertinggi karena ia ingin membuat bangga orang tuanya.

Dibalik sebuah cita-cita yang kita kita miliki, pasti ada sebuah alasan kuat kenapa kita menjadikan hal tersebut cita-cita kita.

Maka untuk menentukan cita-cita  kita harus bertanya terlebih dahulu pada diri sendiri, apa yang kita suka dan inginkan ? , baru kemudian kita bisa menentukan capaian dari keinginan tersebut.

Saya endiri akhirnya menentukan sebuah cita-cita setelah memahami apa yang ingin saya lakukan dan senangi.

Yaitu  menjadi seorang peneliti karena sangat tertarik dengan sains dan ingin membuat banyak ekperimen, serta ingin menjadi seorang guru karena berharap bisa berbagi sesuatu yang saya tau pada orang lain.

 

Jadi , apakah anda sudah menemukan cita-cita anda ?

Atau sudahkah anda menemukan keinginan yang akan anda pilih untuk menjadi cita-cita dan mewujudkannya ?

 

Buatlah cita-cita yang anda pilih menjadikan anda dan lingkungan bahagia dalam proses pencapainnya dan ketika mencapainya nanti.

Leave a Reply

