Cara Membuat Hotspot Wifi di Ubuntu 14.04 dan Elementary Os Freya

Jika anda pengguna sistem operasi ubuntu 14.04 atau elementary os freya,

dan ingin membuat hotspot wifi agar dapat berbagi internet dengan ponsel android atau dengan perangkat lain milik anda. Maka pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan salah satu cara melakukannya.

Notes Jika anda pengguna Ubuntu 14.04 mungkin tampilan yang ada dibawah akan sedikit berbeda , karena saya menggunakan elementary os freya. Namun langkahnya akan sama karena sistem operasi yang saya gunakan adalah turunan dari ubuntu 14.04 alias hanya sedikit berbeda ditampilan saja.

  1. Putuskan Koneksi ( Disconnect ) Wifi anda terlebih dahulu , dan hubungkan dengan jaringan internet kabel anda ( ex. modem )

hotspot-1

hotspot-2

hotspot-3

2. Buka menu jaringan “Network” pada icon diatas panel , Pilih opsi “Edit Connection” pada drop down menu yang muncul ,  Pada Tampilan jendela baru yang muncul pilih “Add

hotspot-1

hotspot-4

Hotspot 5.png

3. Pada bagian “choose connection type” pilihlah “wifi”

hotspot-6

4. Setelah terbuka tampilan baru isilah seperti berikut

Connection name : wifihotspot ( anda boleh menggantinya )

SSID   : wifihotspot   ( ini adalah nama yang akan muncul diperngkat lain sebagaihotspot anda, untuk memudahkan saya menggunakan nama  yang sama dengan connection name)

Device MAC address : pilih perangkat wifi anda , biasanya hanya akan muncul satu pilihan karena PC atau laptop kita hanya memiliki satu hardware wifi

Hotspot 7.png

5. Pindah pada Tab Wi-fi security , pada bagian security pilih “WPA & WPA2 Personal” , kemudian masukkan password untuk hotspot anda, saya menggunakan “112233445566” untuk passwordnya.

hotspot-8

6. Kemudian pada Tab IPv4 settings , ubah method menjadi “shared to other computers” , lalu klik save.

Hotspot 9.png

7. Lalu bukalah Terminal , saya membukanya lewat icon pada dekstop , anda dapat membukanya dengan menekan “CTRL + ALT + T “ pada ubuntu

pada terminal masukan text berwarna hijau berikut

gksu gedit /etc/NetworkManager/system-connections/wifihotspot

yang saya bold adalah nama connection yang sudah kita buat , jika anda menggunakan nama lain , ubahlah sesuai nama yang anda buat.

Hotspot 10.png

hotspot-11

jika muncul notifikasi berikut masukanlah password root anda ( password administrator ) yang biasa anda gunakan untuk masuk sistem ubuntu

Hotspot 12.png

8. Setelah muncul windows baru , akan ada text yang menjelaskan mengenai network yang baru kita buat , ubahlah mode = infrastructur  menjadi mode = ap dengan mengedit text tersebut , kemudian save.

Hotspot 13.png

Hotspot 14.png

9. selanjutnya klik icon “network” yang ada bagian atas panel sekali lagi , dan pilih “connect to hidden wi-fi network”.

hotspot-1

Hotspot 15.png

10. Pada bagian connection cari nama hotspot yang sudah kita buat tadi , yang saya buat adalah “wifihotspot” , Kemudian pilih connect.

hotspot-16

Hotspot 17.png

Dan anda akan terhubung dengan hotspot yang sudah dibuat , anda sekarang bisa menghubungkan perangkat lain ke PC anda dengan hotspot ini. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s